*

*

Ads

Kamis, 01 Juni 2017

Pendekar Sadis Jilid 097

"Hemm, akan tetapi engkau harus mati bersama keluarga Ciu."

"Siapa takut mati? Aku adalah calon mantu Pendekar Lembah Naga, kematian bukan apa-apa bagi seorang gagah. Nenek buruk tua bangka, kalau mau bunuh, lekas bunuhlah. Biar aku menyusul orang tuaku!" Lian Hong menantang.

Tangan yang bersarung tangan hitam dan memegang tongkat itu bergerak. Tiba-tiba tongkat itu melayang ke depan, meluncur menuju ke arah mata Lian Hong! Dara ini sama sekali tidak berkedip, karena ia hendak menyambut maut dengan mata terbuka.

"Ceppp!"

Ujung tombak itu amblas ke dalam lantai, hanya satu senti saja dari pipi Lian Hong! Kiranya nenek itu hanya menggertak.

"Tidak, engkau tidak akan kubunuh. Engkau terlalu pemberani, sayang kalau dibunuh. Eh, maukah engkau menjadi muridku?"

Ditanya seperti itu, Lian Hong gelagapan dan tertegun. Baru saja terhindar dari maut dan kini tiba-tiba saja nenek sakti itu menawarkan agar ia suka menjadi muridnya. Nenek itu amat sakti, dan betapapun juga, pembunuh orang tuanya adalah pasukan yang dipimpin oleh Phoa-taijin. Kalau ia dapat menjadi murid nenek ini dan menguasai ilmu kepandaian yang tinggi, tentu kelak ia akan dapat membalas dendam kematian orang tuanya. Dalam keadaan seperti itu, tidak ada pilihan lain lagi bagi Lian Hong, maka iapun menjawab,

"Kalau locianpwe benar-benar hendak memberi petunjuk, tentu saja teecu akan senang sekali."

Nenek itu tertawa, suara ketawanya juga merdu dan sekali tangannya bergerak, ada angin menyambar ke arah tubuh Lian Hong. Dara ini terkejut, akan tetapi tiba-tiba saja ia sudah dapat bergerak kembali! Dengan girang iapun lalu berlutut di depan kaki nenek sakti itu.

"Muridku yang baik, tahukah engkau siapa aku yang menjadi gurumu ini?"

"Kalau teecu tidak salah menduga, locianpwe adalah yang berjuluk Lam-sin (Malaikat Selatan), betulkah?"

"Hemm, tahukah bahwa selama ini tidak ada orang yang bertemu denganku tapi masih dapat terus hidup? Hanya engkau satu-satunya orang yang dapat bertemu dan bicara dengan aku dan bahkan menjadi muridku."

Diam-diam Lian Hong terkejut bukan main. Orang ini sungguh amat luar biasa, sombong bukan main, agaknya seolah-olah menganggap dirinya benar-benar seorang malaikat, bukan manusia lagi. Akan tetapi iapun bukan seorang dara yang bodoh, maka ia cepat berkata,

"Kalau begitu, sungguh teecu memiliki keberuntungan besar dan teecu menghaturkan terima kasih kepada subo."

"Hemm, kaukira aku menolongmu karena hendak melepas budi? Uh, jangan salah kira, ya? Aku melakukan semua ini demi kepentinganku sendiri!"

Mendengar suara merdu itu tiba-tiba ketus, Lian Hong semakin terkejut dan heran. Akan tetapi ia tidak berkata apa-apa, hanya menganggap bahwa gurunya ini memang seorang yang memiliki watak yang aneh.






"Hayo, kau ikuti aku!"

Tiba-tiba nenek itu berkata dan ternyata ia sudah mencabut tongkatnya dan sekali mencokel dengan tongkatnya ke arah punggung Lian Hong, dara ini merasa ada hawa dingin memasuki punggungnya, seperti diguyur air es, membuat ia cepat melonjak dan bangkit berdiri. Ketika ia melihat gurunya itu telah berjalan pergi dan ia cepat-cepat mengikutinya.

Dapat dibayangkan betapa kaget rasa hati Lian Hong ketika melihat bahwa nenek itu membawanya kembali ke Lok-yang! Akan tetapi kekagetan ini bercampur kegirangan karena ia ingin melihat kembali keadaan keluarganya yang terbasmi malam itu. Dan ternyata nenek itu memang membawanya kembali ke rumahnya! Akan tetapi, ketika itu malam telah berganti pagi dan semua mayat tidak nampak lagi di situ, kecuali sisa-sisa darah yang membuat tempat itu berbau amis dan mengerikan.

Ketika tiba di daerah rumah tinggalnya, tiba-tiba nenek itu memegang lengannya dan di lain saat tubuhnya sudah melayang naik ke atas genteng rumah seorang tetangganya! Lian Hong merasa kagum sekali. Gurunya ini memang sakti dan dengan memegang lengannya dapat membawanya meloncat, seperti terbang menunjukkan betapa lihai gin-kangnya.

"Lekas, kau beritabukan kepada tetanggamu bahwa engkau akan pergi ke Heng-yang di Propinsi Hu-nan agar dua orang pemuda itu dapat menyusulmu!" kata nenek itu ketika mereka berada di atas genteng rumah seorang tetangga keluarga Ciu.

Lian Hong tidak mengerti apa yang dimaksudkan oleh gurunya itu, maka ia hanya memandang bingung.

"Tapi... tapi teecu ingin tahu tentang ayah ibu..." Suaranya tertahan oleh isak.

"Taati perintahku! Apa kau ingin terlihat oleh pasukan dan dibunuh, juga? Hayo kau turun dan katakan kepada tetanggamu seperti yang kuperintahkan tadi!" bentak nenek itu dengan lirih.

Lian Hong tidak tahu mengapa gurunya memerintahkan demikian, akan tetapi perintah ini membuat ia makin percaya kepada gurunya. Dengan perintah itu, berarti gurunya tidak bermaksud buruk, bahkan menghendaki agar dua orang pemuda itu dapat menyusulnya. Maka iapun meloncat turun dan cepat ia menghampiri kelompok keluarga tetangganya yang berkumpul di belakang rumah.

Agaknya mereka itu masih ketakutan akan apa yang telah terjadi semalam, malapetaka mengerikan yang menimpa keluarga Ciu, tetangga mereka. Oleh karena itu, dapat dibayangkan betapa kaget hati suami isteri dan tiga orang anaknya itu ketika tiba-tiba mereka melihat munculnya Lian Hong dari arah belakang rumah mereka.

"Ciu-siocia...!"

Tuan rumah berseru dengan muka pucat, karena dia maklum betapa akan berbahayanya bagi keluarganya kalau sampai fihak tentara melihat nona itu berada di tempatnya!

Sementara itu, isterinya sudah menangis tersedu-sedu melihat nona itu, merasa kasihan sekali mengingat betapa seluruh keluarga nona itu telah tewas secara mengerikan.

"Paman Ong, dimanakah... eh, jenazah mereka...?" Lian Hong menguatkan hatinya bertanya.

"Jenazah keluargamu telah dibawa pergi oleh pasukan, nona, dan kami semua tidak berdaya, tidak ada yang berani mencampuri... maklumlah..."

Lian Hong menahan kemarahan dan kedukaannya, mengepal tinju.
"Sudahlah, sekarang aku hendak minta tolong kepadamu, Paman Ong..."

"Maaf... nona, kami tidak berani..."

"Aku hanya ingin agar jika Kanda Cia Han Tiong, engkau tahu, seorang di antara dua pemuda tamu yang pernah tinggal di rumah kami baru-baru ini, jika dia datang mencariku, katakanlah kepadanya bahwa aku pergi ke Heng-yang, di Propinsi Hu-nan, bersama..."

"Cukup!"

Terdengar bentakan merdu dan tiba-tiba saja, ada bayangan hitam berkelebat menyambar tubuh Lian Hong dan lenyap dari depan keluarga Ong yang memandang bengong itu. Tentu saja mereka menjadi ketakutan dan mengira bahwa yang muncul tadi mungkin saja arwah dari nona Ciu, maka merekapun berlutut dan sampai lama tidak berani mengangkat muka mereka!

Sementara itu, Lian Hong sudah dibawa pergi keluar dari kota Lok-yang oleh Nenek Lam-sin, dan dengan menggunakan kesaktiannya, berkelebat cepat sehingga tidak sampai diketahui oleh para penjaga, mereka keluar dari pintu gerbang, lalu melanjutkan perjalanan menuju ke selatan.

Lam-sin adalah nama yang amat terkenal di dunia kang-ouw, sebagai datuk kaum sesat dari daerah selatan. Biarpun jarang ada orang pernah melihatnya, namun namanya sudah menggemparkan dunia kang-ouw dan di daerah selatan tidak ada tokoh kang-ouw yang tidak menjadi gentar mendengar nama ini. Apalagi nama ini didukung dan dijunjung tinggi oleh perkumpulan pengemis Bu-tek Kai-pang yang merajai dunia kang-ouw di selatan.

Benarkah kini manusia sakti ini mengangkat murid kepada Lian Hong? Sesungguhnya tidak demikian. Sebagai datuk golongan hitam, tentu saja tidak ada rasa kasihan dalam hati seseorang seperti Nenek Lam-sin ini. Seperti semua datuk kaum sesat, bagi mereka yang ada hanyalah kepentingan dan keuntungan diri sendiri. Setiap tindakan yang mereka lakukan selalu berdasarkan perhitungan untung rugi. Oleh karena itu, Lam-sin mengangkat Lian Hong sebagai muridpun hanya merupakan siasatnya untuk memancing datangnya dua orang pemuda yang baru muncul dan sudah menggemparkan dunia persilatan itu.

Ia sudah mendengar dari anak buahnya akan sepak terjang putera Pangeran Ceng Han Houw dan putera Pendekar Lembah Naga, maka ia ingin sekali dapat bertemu dan mengadu ilmu dengan mereka. Apalagi ketika mendengar babwa ada beberapa orang anak buahnya yang tewas oleh putera Pangeran Ceng Han Houw, datuk ini menjadi penasaran sekali.

Dengan mengangkat dara itu sebagai murid, maka ia mengharapkan akan dapat berjumpa dengan mereka. Selain itu memang ia paling benci melihat pria yang memperkosa wanita. Inipun bukan berdasarkan keluhuran budi melainkan karena ia sendiri seorang wanita, maka ia tidak suka bahkan membenci sekali pria yang suka memperkosa wanita.

Lian Hong yang maklum bahwa ia sendiri tentu menjadi buronan pemerintah, dan karena untuk saat itu ia sendiri tidak tahu siapa yang akan dapat menolongnya dan apa yang dapat dilakukannya. Maka ia pasrah kepada gurunya. Memang ada ingatan untuk mencari tunangannya, yaitu Cia Han Tiong.

Akan tetapi bagaimana mungkin ia bisa mendapatkan tempat yang amat jauh itu? Ia belum pernah tahu dimana adanya Lembah Naga, yang kabarnya amat jauh di utara, bahkan lewat Tembok Besar utara. Bagaimana kalau ia tidak berhasil menemukan tempat itu? Dan perjalanan sejauh itu, apalagi melalui tempat-tempat berbahaya, kiranya tak mungkin dapat ditempuhnya dengan selamat dan berhasil.

Maka, jalan satu-satunya adalah pasrah kepada gurunya, Lam-sin nenek yang sakti itu. Kalau ia sudah mempelajari ilmu kesaktian dari nenek ini sehingga bekal kepandaian padanya cukup kuat, baru ia akan pergi mencari Lembah Naga, dimana tinggal pamannya, yaitu Pendekar Lembah Naga, atau juga yang menjadi calon ayah mertuanya.

Karena mempunyai cita-cita seperti ini, Lian Hong bersikap taat di sepanjang perjalanan kepada nenek itu, berusaha untuk melayani subonya. Akan tetapi, nenek itu sungguh seorang yang luar biasa sekali. Agaknya tidak pernah suka bertemu orang lain sehingga selama dalam perjalanan, Lam-sin memilih tempat-tempat yang sunyi dan sukar dilalui.

Kadang-kadang, kalau melalui jurang-jurang yang amat curam, Lam-sin menggandeng tangan muridnya yang merasa ngeri dan ketakutan. Biarpun Lian Hong juga seorang dara perkasa, namun melakukan perjalanan melalui jurang-jurang maut seperti yang dilalui nenek itu sungguh merupakan pengalaman pertama yang menegangkan. Dan selama dalam perjalanan itu, Nenek Lam-sin jarang bicara. Kalau kemalaman, mereka tidur begitu saja di dalam hutan!

Hanya ada satu hal yang mengherankan hati Lian Hong, akan tetapi juga menguntungkan. Biarpun nenek itu tidur di sembarang tempat, bahkan kalau malam tidurnya sambil duduk bersila, namun nenek itu sama sekali tidak jorok. Bahkan selalu bersih, terkena kotoran sedikit saja lalu dicuci tangannya yang bersarung tangan hitam. Dan pakaiannya selalu diganti setiap hari!

Lian Hong juga diberi pakaian dua stel, sehingga terpaksa gadis itupun mengenakan pakaian Si Nenek yang ternyata memiliki potongan tubuh yang tidak berbeda banyak dengan dirinya. Selain ini, nenek itu ternyata amat royal kalau makan!

Setiap melewati kota, tentu Lian Hong disuruh membeli bahan-bahan masakan yang mahal-mahal seperti daging kering, ikan kering yang bermutu tinggi dan mahal, bumbu-bumbu masak yang baik, jamur-jamur dan sayur-sayur. Semua bahan ini dipergunakan untuk dimasak dalam hutan.

Akan tetapi kalau kebetulan mereka lewat di kota pada siang atau malam hari, tidak jarang Lian Hong harus mengunjungi restoran dan membeli bermacam-macam masakan yang mahal-mahal dan membawanya ke tempat subonya menanti di luar kota. Semua ini masih ditambah lagi dengan arak wangi! Subonya adalah seorang wanita yang pembersih dan suka makan!

Akan tetapi, hanya itulah saja yang diketahuinya dari nenek keriputan berambut putih itu. Lam-sin jarang bicara dan karena sikapnya yang amat dingin ini, Lian Hong juga tidak berani banyak bertanya.

Beberapa pekan kemudian, setelah melakukan perjalanan yang cukup melelahkan, tibalah mereka di kota Heng-yang. Kota ini berada di Propinsi Hu-nan di selatan, dan menjadi kota pusat perkumpulan Bu-tek Kai-pang dimana juga tinggal Lam-sin.

Pendekar Sadis







Tidak ada komentar: