*

*

Ads

Kamis, 01 Juni 2017

Pendekar Sadis Jilid 098

Kembali Lian Hong kagum dan terheran-heran melihat betapa gurunya itu mempunyai sebuah rumah yang amat mewah! Bangunannya tidak begitu besar, hanya mempunyai lima buah kamar saja yang kosong, karena hanya sebuah kamar saja yang ditempati nenek itu.

Akan tetapi rumah itu penuh dengan perabot rumah yang mahal dan halus buatannya, seperti perabot rumah istana raja saja, dengan permadani di mana-mana, meja kursi yang juga merupakan barang seni yang halus dan mahal, di dinding penuh tergantung lukisan-lukisan dari pelukis-pelukis kenamaan dan tulisan-tulisan indah. Juga di mana-mana terdapat pot bunga, dengan bunga-bunga segar terawat baik yang agaknya didatangkan dari seluruh penjuru Tiongkok!

Sungguh pandai sekali orang yang mengatur dan menghias rumah itu, dan ketika kemudian Lian Hong mendengar bahwa pengaturnya adalah nenek itu sendiri, kekagumannya terhadap nenek itu bertambah.

Ketika Lam-sin mengajak Lian Hong memasuki gedung kecil mungil itu, lima orang wanita muda yang cantik-cantik menyambut mereka dengan penuh kehormatan.

"Mereka berlima ini adalah pelayan-pelayanku, Lian Hong."

Mendengar keterangan ini, Lian Hong kaget. Mereka itu begitu muda dan cantik, dan sikap serta pakaian mereka sama sekali tidak membayangkan bahwa mereka adalah pelayan.

"Ini adalah Ciu-siocia yang menjadi muridku, kalian harus melayaninya baik-baik." Terdengar nenek itu berkata kepada lima orang pelayannya.

Lima orang wanita muda itu segera memberi hormat kepada Lian Hong dan serentak mereka berkata dengan sikap ramah,

"Selamat datang, Ciu-siocia!"

Lian Hong cepat berkata dengan senyum,
"Cici berlima baik sekali, terima kasih. Sebagai murid subo, akupun harus melayaninya, maka aku akan membantu pekerjaan cici berlima."

Demiklanlah, karena sikapnya yang baik, maka lima orang pelayan yang ternyata masing-masing memiliki kepandaian silat cukup tinggi karena mendapatkan pelajaran dari Lam-sin itu merasa suka sekali kepada Lian Hong. Juga nenek Lam-sin merasa suka dan mulai mengajarkan beberapa jurus ilmu silat tinggi kepada dara itu, dan sering kali mengajak dara itu menemaninya berjalan-jalan keluar kota.

Nenek itu sungguh aneh sekali cara hidupnya. Yang mengenalnya sebagai Lam-sin hanyalan para pelayan dan juga para anggauta Bu-tek Kai-pang saja agaknya. Buktinya, kalau ia pergi berjalan-jalan bersama Lian Hong, memasuki pasar atau tempat pelesiran, tidak ada orang yang tahu bahwa nenek itu adalah Lam-sin, datuk dunia selatan yang tersohor.

Nenek itu sering kali bertanya kepada Lian Hong tentang diri Ceng Thian Sin dan Cia Han Tiong sehingga diam-diam Lian Hong menjadi heran sekali.

"Apakah subo pernah bertemu dengan mereka?" tanyanya.






Nenek itu menggeleng kepalanya.
"Belum, dan aku ingin sekali bertemu dengan mereka dan mencoba kepandaian mereka. Eh, menurut pendapatmu, siapa diantara putera Pangeran Ceng Han Houw dan putera Pendekar Lembah Naga itu yang lebih lihai, Lian Hong?"

Ditanya tentang dua orang pemuda itu, Lian Hong membayangkan keadaan mereka. Hatinya terharu dan timbul rindunya kepada Han Tiong yang diam-diam telah menarik cinta hatinya itu.

"Teecu tidak tahu, subo. Mereka itu keduanya sama lihainya, keduanya menerima latihan dari Paman Cia Sin Liong, Pendekar lembah Naga."

Lam-sin sudah banyak mendengar tentang mereka berdua dari para anak buah Bu-tek Kai-pang, terutama sekali tentang putera Pangeran Ceng Han Houw yang kabarnya amat lihai itu. Kalau saja ingin bertemu dengan mereka, terutama dengan putera Pangeran Ceng, tentu ia tidak akan membawa Lian Hong sebagai muridnya, melainkan sudah dibunuhnya dara itu. Sepasang mata yang jeli dan mencorong dari nenek itu berkilat.

"Ya, aku ingin sekali bertemu dengan mereka, menguji kepandaian mereka!"

"Tapi, subo... karena teecu telah menjadi murid, teecu harap subo tidak memusuhi mereka. Mereka itu adalah putera-putera dari Paman teecu sendiri... dan... dan Han Tiong koko adalah tunangan teecu."

"Siapa hendak memusuhi mereka? Aku hanya ingin menguji apakah benar mereka itu selihai yang dikabarkan orang."

Lian Hong tidak banyak membantah lagi. Diam-diam ia merasa kagum dan juga heran melihat gurunya ini. Nenek ini kelihatan sudah tua sekali, mukanya penuh keriput dan rambutnya sudah putih semua, akan tetapi sepasang matanya mencorong, jeli dan indah seperti mata orang muda, dan gerek-geriknya amat gesit, tubuhnya juga amat langsing padat walaupun tertutup pakaian sederhana.

Sungguh seorang nenek yang amat aneh, yang memiliki suara merdu, kadang-kadang dingin sekali, kadang-kadang lemah lembut dan kadang-kadang suara itu, sinar mata itu, mengandung kedukaan besar. Dan kadang-kadang ia bergidik melihat sepasang mata mencorong itu, karena mengandung penuh kekejaman. Akan tetapi, di samping semua itu, ia merasa yakin akan kesaktian subonya.

Oleh karena itu iapun belajar dengan tekun, dengan harapan bahwa ia akan dapat mewarisi ilmu silat tinggi agar kelak ia dapat membalas kematian keluarganya. Kalau ia teringat akan ayah kandungnya dan kakaknya, Lian Hong tidak dapat menahan kesedihannya dan menangislah ia di waktu ia tidur sendirian dalam kamarnya.

Pada suatu hari, setelah tinggal di Heng-yang selama kurang lebih tiga bulan, Lian Hong diajak subonya untuk pergi berbelanja ke pasar. Memang nenek itu mempunyai suatu kesukaan, yaitu makan enak yang kadang-kadang dimasaknya sendiri, dan untuk keperluan itu ia suka pergi berbelanja sendiri ke pasar. Seperti biasa, di dalam pasar ini tidak ada yang mengenal nenek yang diikuti seorang nona muda cantik jelita ini.

Selama tiga bulan itu, baru satu kali saja Lian Hong melihat ada orang yang mengenal Si Nenek, yaitu ketika mereka berdua berbelanja di pasar juga. Yang mengenal nenek itu adalah seorang laki-laki gagah perkasa yang usianya tentu sudah ada lima puluh tahun lebih. Begitu melihat nenek itu, laki-laki ini lalu menjura dengan sikap amat
menghormat dan berkata,

"Maaf, tidak mengira bertemu dengan locianpwe disini. Harap locianpwe dalam keadaan baik-baik saja."

Dan hebatnya, nenek itu hanya mengangguk sedikit dan melanjutkan perjalanan, sama sekali tidak mempedulikan penghormatan orang. Setelah jauh, Lian Hong tidak dapat menahan diri lagi dan bertanya kepada gurunya siapa gerangan laki-laki tadi. Dengan sikap tak acuh, nenek itu menjawab bahwa laki-laki itu adalah seorang guru silat yang paling terkenal di Shao-koan sebelah selatan dan berjuluk Kim-liong-eng (Pendekar Naga Emas)!

Diam-diam Lian Hong terkejut. Seorang guru silat paling terkenal akan tetapi bersikap demikian merendahkan diri terhadap gurunya! Hal ini saja sudah membuktikan bahwa nenek itu biarpun tidak dikenal oleh orang-orang biasa karena memang selalu menyembunyikan diri, namun dikenal baik oleh tokoh-tokoh besar dunia kang-ouw, bahkan ditakuti sesuai dengan julukannya sebagai datuk kaum sesat di dunia selatan!

Pagi hari itu, Nenek Lam-sin asyik sekali memilih sayur sawi kembang yang amat segar karena baru pagi itu masuk dari desa. Lian Hong ikut memilih dan dara ini sama sekali tidak tahu bahwa tak jauh dari situ, diantara kumpulan banyak orang yang berbelanja di pasar, terdapat seorang pemuda yang memandang ke arah mereka dengan mata terbelalak, penuh keheranan dan juga perhatian. Pemuda itu bukan lain adalah Cia Han Tiong!

Seperti diketahui, pemuda ini meninggalkan Lembah Naga untuk pergi mencari tunangannya yang lenyap dalam keributan ketika rumahnya diserbu pasukan itu. Orang tuanya sendiri yang memerintahkan dia pergi menyelidiki dan mencari Lian Hong. Tentu saja Han Tiong langsung pergi ke Lok-yang untuk menyelidiki. Dengan hati-hati dia mulai menyelidiki, akan tatapi agaknya tidak ada orang yang tahu kemana perginya Nona Ciu Lian Hong. Yang mereka ketahui hanya bahwa keluarga Ciu itu terbasmi dan tewas oleh pasukan yang menuduh mereka itu keluarga pemberontak.

Harta benda keluarga itu disita pemerintah, dan jenazah keluarga itu oleh pemerintah dikubur di kuburan para penjahat di dekat penjara! Mendengar ini, Han Tiong merasa berduka sekali. Akan tetapi ketika secara kebetulan dia bertemu dan bertanya kepada tetangga di sebelah kanan bekas rumah keluarga Ciu yang kini tertutup itu, dengan sikap takut-takut orang she Ong itu memberitahukan kepadanya akan pesan dari Lian Hong.

"Nona Ciu Lian Hong meninggalkan pesan kepada seorang kongcu bernama Cia Han Tiong..."

"Sayalah Cia Han Tiong," kata Han Tiong cepat.

Orang she Ong itu mengangguk-angguk.
"Sudah kuduga, kami pernah melihat kongcu ketika menjadi tamu mereka. Nona Ciu mengatakan bahwa ia pergi ke Heng-yang di Propinsi Hu-nan."

"Apalagi pesannya?" tanya Han Tiong, jantungnya berdebar girang mendengar bahwa tunangannya itu betapapun juga belum tewas!

"Tidak ada apa-apa lagi, begitu meninggalkan pesan, ia lenyap begitu saja!"

Orang she Ong itu bergidik. Mendengar suara orang itu dan melihat sikapnya yang ketakutan, Han Tiong mengerutkan alisnya.

"Tapi... tapi ia masih hidup, bukan?"

Dan betapa kaget hatinya mellhat orang itu menggeleng kepala.
"Tidak tahu, kongcu. Entahlah, akan tetapi setelah bicara, ia menghilang begitu saja seperti... seperti setan..."

Tentu saia hati Han Tiong terasa amat tidak enak. Akan tetapi dia tidak percaya kalau nona itu telah tewas dan arwahnya yang meninggalkan pesan. Tidak mungkin, sungguhpun dia sendiri merasa heran bagaimana nona itu dapat "menghilang". Dia tahu bahwa Lian Hong adalah seorang dara yang memiliki kepandaian silat yang lumayan. Mungkin saja nona itu, dalam kekhawatirannya ketahuan pasukan, meloncat dengan cepat dan oleh orang ini disangka menghilang. Betapapun juga, Lian Hong sudah meninggalkan pesan pergi ke Heng-yang. Dia harus pergi menyusul dan mencarinya!

Maka tanpa banyak bicara lagi dia lalu menghaturkan terima kasih dan cepat pergi ke selatan, menuju ke kota Heng-yang di Propinsi Hu-nan. Di kota ini dia bermalam di sebuah rumah penginapan kecil dan setelah berputar-putar selama tiga hari, akhirnya pada pagi hari itu dia melihat Lian Hong berjalan bersama seorang nenek memasuki pasar!

Han Tiong adalah seorang pemuda yang cerdik. Dia tidak langsung menegur, melainkan membayangi dan mengamati penuh perhatian. Dia melihat betapa sikap Lian Hong amat hormat terhadap nenek itu. Dan matanya yang tajam dapat melihat bahwa nenek itu bukanlah orang sembarangan.

Seorang nenek tua yang memiliki mata mencorong seperti itu, tubuh yang masih segar dan padat, memiliki gerakan yang demikian gesit dan memiliki wibawa besar yang tersembunyi di balik kesederhanaannya, tentulah bukan orang biasa saja!

Tadinya, ketika mendengar bahwa Lian Hong pergi ke Heng-yang, dia menaruh curiga. Jangan-jangan datuk dunia selatan, yaitu yang bernama Lam-sin dan katanya juga tinggal di Heng-yang, memegang peran dalam hilangnya Lian Hong. Maka kini dia amat berhati-hati. Siapa tahu nenek itu adalah seorang diantara anak buah Lam-sin! Dia harus mengetahui lebih dulu dimana nenek itu akan pergi bersama Lian Hong. Sementara ini, dia melihat bahwa Lian Hong tidak perlu dibela. Nona itu dalam keadaan sehat dan selamat, walaupun ada kedukaan membayang di wajahnya yang jelita.

Kalau Lian Hong sama sekali tidak tahu baHan Tiong berada di dalam pasar itu dan membayangi perjalanannya bersama gurunya, sebaliknya Nenek Lam-sin telah tahu sejak tadi!

Tidak percuma nenek ini berjuluk Lam-sin (Malaikat Selatan) dan menjadi datuk kaum sesat di wilayah selatan. Ilmu kepandaiannya sudah tinggi sekali dan sikapnya selalu waspada sehingga sedikit perubahan saja di sekitarnya ia sudah mengetahuinya sehingga adanya pemuda yang membayanginya itu tentu saja tidak terluput dari pengamatannya. Bahkan dengan sikap yang tidak kentara, ia sudah dapat mencuri lihat wajah pemuda itu dan dapat menduga bahwa pemuda itulah putera Pendekar Lembah Naga, pemuda yang sering disebut-sebut oleh muridnya, yang bernama Cia Han Tiong!

Bahkan sambil berbelanja, nenek ini telah dapat mengirim isyarat rahasia kepada anak buahnya! Jangan dikira bahwa nenek itu sama sekali tidak dikawal! Kemanapun ia pergi, tentu ada orang-orang Bu-tek Kai-pang yang siap untuk sewaktu-waktu menerima perintah ketuanya ini.

Maka, tidak sukarlah bagi Nenek Lam-sin untuk menyampaikan perintahnya kepada anak buahnya yang mengemis di luar pasar dan segera anak buah ini sudah siap melakukan perintah yang hanya diberikan oleh nenek itu melalui gerakan-gerakan jari-jari tangan saja.

Pendekar Sadis







Tidak ada komentar: