*

*

Ads

Kamis, 17 Agustus 2017

Pendekar Sadis Jilid 189

Kalau orang berdiri di pantai muara Sungai Huai yang menuangkan airnya ke dalam Lautan Kuning akan nampaklah banyak pulau-pulau kecil. Sebagian besar dari pulau-pulau ini adalah pulau-pulau karang yang kering-kerontang, akan tetapi ada pula beberapa buah di antaranya yang nampak kehijauan karena pulau itu mengandung tanah sehingga tetumbuhan dapat hidup di situ.

Pulau Teratai Merah adalah satu di antara pulau-pulau itu yang letaknya agak jauh dan tidak dapat dilihat dari pantai muara Sungai Huai itu, kecuali kalau lautan sedang amat tenangnya dan cuaca amat cerahnya. Pulau Teratai Merah adalah sebuah pulau kecil saja, akan tetapi mempunyai tanah yang subur sehingga dapat ditanami.

Sebelum Toan Su Ong dan isterinya, yaitu Ouwyang Ci tinggal di pulau itu, pulau itu tidak pernah ditinggali manusia, kecuali hanya menjadi tempat singgahan para nelayan saja. Tentu saja orang enggan tinggal disitu, karena letaknya yang jauh dari pantai daratan, juga jauh dari tetangga manusia lain, dan pula, lautan di sekitar pulau itu terkenal amat buas dan banyak dihuni ikan-ikan hiu yang ganas pula. Karena banyaknya hiu inilah maka daerah kepulauan itu bukan merupakan daerah nelayan yang baik.

Pangeran Toan Su Ong tentu saja berbeda dengan para pelayan itu. Dia adalah seorang buronan yang memang mencari tempat persembunyian yang baik dan pulau kosong itu amat tepat untuknya. Tempatnya terpencil, sukar dikunjungi, bahkan tidak aman karena pulau-pulau itu sering dijadikan tempat persembunyian para bajak laut.

Toan Su Ong dan isterinya yang berkepandaian tinggi itu tentu saja tidak takut terhadap para bajak laut. Dan mereka dapat bercocok tanam di tempat itu, bahkan akhirnya mereka dapat membangun sebuah rumah yang cukup besar di pulau kosong itu.

Thian Sin ikut dengan Kim Hong menuju ke pulau itu. Mereka berperahu, sebuah perahu layar kecil yang mereka beli di pantai daratan. Pendekar muda itu mendapat kenyataan bahwa di samping bermacam-macam ilmu kepandaiannya, ternyata Kim Hong pandai pula mengemudikan perahu layar.

Dengan keahlian yang mengagumkan, gadis ini mengemudikan perahu yang layarnya mengembung ditiup angin itu, meluncur dengan lincah di permukaan air lautan, menempuh gelombang-gelombang kecil yang membuat perahu itu naik turun mengerikan bagi Thian Sin yang tidak bisa berperahu.

Akan tetapi dia ingin belajar dan biarpun pada jam-jam pertama dia merasa pening kepala, akhirnya dia dapat juga membantu Kim Hong mengemudikan perahu.

Berlayar dari pantai daratan menuju ke Pulau Teratai Merah itu memakan waktu setengah hari. Itupun kalau lautan sedang tenang dan arah angin baik. Menurut keterangan Kim Hong, kalau kurang angin pelayaran akan memakan waktu lebih lama, kadang-kadang sehari. Akan tetapi ketika mereka tiba di pulau ini, mereka melihat sebuah perahu besar telah berlabuh disitu! Kim Hong mengerutkan alisnya dan berkata,

"Ah, baru beberapa tahun saja kutinggalkan tempat ini sudah ada yang berani menempatinya! Biasanya hanya para bajak laut saja yang singgah di pulau-pulau kosong. Aku khawatir kalau-kalau mereka merusak bangunan rumah kami!"

Thian Sin bergidik melihat betapa perahu mereka itu dikelilingi ikan-ikan hiu besar. Nampak sirip mereka meluncur di permukaan air sekitar perahu. Dia pernah mendengar cerita tentang ikan-ikan hiu itu, yang dianggap sebagai harimaunya lautan.

"Hiu disini ganas, berani menyerang perahu!" kata Kim Hong. "Akan tetapi jangan khawatir, mereka tidak akan berani mengganggu kita."






Berkata demikian, Kim Hong menabur-naburkan bubuk kuning di sekeliling perahunya dan benar saja, tak lama kemudian sirip-sirip ikan hiu itu menjauh dan akhirnya lenyap. Bubuk kuning itu adalah semacam obat yang merupakan racun yang menakutkan bagi ikan-ikan hiu itu, ciptaan mendiang Pangeran Toan Su Ong.

Selamatlah mereka mendarat di pulau itu, dan Kim Hong sengaja melakukan pendaratan dari samping, agak jauh dari perahu hitam besar karena ia hendak menyelidiki secara diam-diam siapa orangnya yang kini berada di pulau itu.

Setelah menyembunyikan perahunya di balik semak-semak, Kim Hong lalu mengajak Thian Sin pergi ke sebuah pohon tua di pantai pulau itu dan gadis itu lalu mendorong sebuah batu besar di belakang pohon.

Terbukalah sebuah lubang yang tertutup semak-semak dan batu besar tadi dan ia mengajak memasuki lubang yang ternyata merupakan sebuah terowongan gelap. Batu besar itu mereka geser lagi dari bawah, menutupi lubang yang diperkuat dengan
besi-besi itu, tanda bahwa terowongan itu adalah buatan manusia.

Dan memanglah, selama berada di pulau ini, Toan Su Ong telah memasang banyak jalan rahasia yang dipersiapkannya kalau-kalau dia dikejar sampai kesitu oleh pasukan pemerintah.

Setelah melalui terowongan dengan jalan berindap-indap sampai seperempat jam lamanya, melalui jalan terowongan berliku-liku dan naik turun, akhirnya mereka keluar dari terowongan dan telah berada di belakang sebuah bangunan.

Inilah bangunan rumah yang didirikan oleh Toan Su Ong di pulau itu, sebuah rumah yang cukup besar dan kuat. Jalan rahasia yang mereka lalui tadi berakhir di taman rumah itu, pintunya juga merupakan pintu besi rahasia yang gelap dan tertutup batu besar pula.

Hari telah menjelang sore ketika Kim Kong dan Thian Sin keluar dari dalam gua kecil dan gadis itu mengerutkan alisnya ketika melihat betapa rumah gedung milik keluarganya itu telah banyak dirusak orang. Temboknya dibobol di sana-sini, dan taman itupun sudah rusak tak terawat dan nampak ada bekas-bekas galian di beberapa tempat, seolah-olah tempat itu menjadi tempat orang mencari-cari sesuatu dengan membongkar dinding dan menggali taman. Dan iapun mengajak Thian Sin menyelinap dan menyelidik.

Nampak ada belasan orang sedang beristirahat di samping rumah. Agaknya mereka itu sudah bekerja berat siang tadi. Ada yang membawa cangkul, ada yang membawa alat-alat untuk membongkar dinding. Mereka mengobrol sambil minum arak, dan melihat sikap mereka itu, Kim Hong mengerti bahwa mereka adalah bajak-bajak laut yang kasar dan ganas.

Akan tetapi ia memberi isyarat kepada Thian Sin untuk mengikutinya menyelinap masuk melalui jendela samping yang terbuka. Bagaikan dua ekor burung mereka meloncat ke dalam ruangan besar di sebelah dalam bangunan itu dimana terdapat beberapa orang sedang bercakap-cakap menghadapi daging panggang dan arak di atas meja.

Lidah selatan mereka terdengar lucu bagi Thian Sin, membuat dia agak sukar menangkap pembicaraan mereka. Akan tetapi agaknya Kim Hong sudah biasa dengan dialek selatan ini, dan gadis ini mendengarkan penuh perhatian, mendekati pintu yang menembus ke ruangan itu.

Karena tidak dapat mengerti dengan baik, Thian Sin mengintai dan memperhatikan orang-orangnya. Ada lima orang duduk mengelilingi meja, dan yang membuat mereka terheran-heran adalah kenyataan bahwa seorang diantara mereka berpakaian seperti seorang tosu.

Tubuh tosu ini kurus dan agak bongkok, mukanya pucat dan meruncing seperti muka tikus. Empat orang lainnya bertubuh tinggi besar dan bersikap kasar, cara duduknya juga nongkrong seperti cara duduk orang-orang yang biasa hidup di alam liar dan tidak mengenal tata cara kesopanan. Mereka kelihatan kuat dan ganas, wajah mereka membayangkan kekerasan dan kekejaman. Akan tetapi Kim Hong lebih memperhatikan percakapan itu sendiri.

"Kita sudah membuang-buang waktu seminggu lamanya di sini!"

Terdengar seorang diantara empat orang kasar itu mengomel dengan mulut dijejali daging setengah matang.

"Kalau kita mencari rejeki di lautan, mungkin sudah ada satu dua kapal yang dapat kita serbu!" kata orang ke dua.

"Pangeran itu tentu telah membawa pusakanya ikut bersamanya ke neraka, kalau memang dia pernah mempunyai pusaka itu!" kata orang ke tiga.

"Hei, Tikus Laut," kata orang ke empat kepada tosu bermuka tikus yang ternyata berjuluk Tikus Laut itu, "agaknya setelah menjadi tosu engkau kehilangan ketajaman hidungmu sehingga salah duga! Awas kau kalau mempermainkan kami!"

Si Tosu itu meludah karena ada pecahan tulang tergigit olehnya, lalu dia mengomel,
"Kalian ini seperti bukan sahabat-sahabat baikku saja, seperti tidak pernah mendengar akan kelihaianku dalam menyelidiki saja. Sejak dahulu aku tahu bahwa isteri pangeran itu berhasil menguasai pusaka peninggalan Menteri The Hoo dan pasti disimpannya disini."

"Tapi kau sendiri bilang bahwa puteri mereka telah menjadi orang yang lihai sekali..."

"Jangan khawatir, ia dan Pendekar Sadis sudah dikejar-kejar, dan tentu para tosu Kun-lun-pai takkan mau melepaskan mereka setelah kena kubakar sampai berkobar-kobar kemarahan mereka ha-ha-ha!" kata tosu itu.

"Tikus Laut, sungguh mengherankan sekali mengapa engkau memusuhi mereka. Bukankah engkau telah menjadi orang suci?" ejek seorang diantara bajak-bajak itu.

"Kalau mereka tidak muncul mungkin aku terlanjur menjadi orang suci, dan dengan ilmu yang kudapat dari Jit Goat Tosu, aku dapat menjagoi dan menjadi tokoh Kun-lun-pai. Akan tetapi mereka muncul dan dendamku terhadap Pangeran Toan Su Ong yang tadinya sudah hampir terlupa menjadi bangkit kembali. Dan teringat akan pusaka Menteri The Hoo... selagi mereka dikejar-kejar, dan dengan alasan mencari mereka, aku mengajak kalian bersama-sama mencari pusaka. Eh, kiranya kalian masih ragu-ragu dan kurang percaya padaku..."

Di dalam tempat pengintaiannya, Kim Hong saling bertukar pandang dengan Thian Sin. Kini mereka teringat. Tosu ini adalah seorang diantara para tosu pimpinan di Kun-lun-pai, biarpun tadinya mereka kurang memperhatikan karena agaknya kedudukan tosu ini tidak menonjol. Akan tetapi, punggung yang bongkok itu tiada keduanya diantara para tosu Kun-lun-pai.

Pada saat itu terdengar bentakan keras dari arah belakang mereka.
"Heii, siapa kalian! Awas, ada mata-mata mengintai!"

Thian Sin dan Kim Hong menengok dan ternyata ada dua orang diantara para anak bajak laut yang kebetulan lewat dan melihat mereka dari belakang.

"Mereka ini patut dihajar!" kata Kim Hong sambil melangkah masuk ke dalam ruangan dimana lima orang itu sedang bercakap-cakap.

Lima orang itupun terkejut mendengar teriakan anak buah mereka dan sudah berloncatan sambil mencabut senjata mereka. Akan tetapi ketika empat orang pimpinan bajak itu melihat bahwa yang muncul hanya seorang pemuda dan seorang gadis cantik yang kelihatan lemah, mereka menyeringai dengan hati lega dan seorang diantara mereka berkata sambil tertawa.

"Ha-ha-ha, kiranya dua orang yang sedang berpacaran tersesat memasuki pulau!"

"Wah, gadis itu manis sekali. Sudah seminggu lebih aku tidak mencium bau keringat wanita, ha-ha, biarlah gadis itu untukku saja!"

"Enak saja kau bicara, apa kau kira akupun tidak membutuhkannya?"

Akan tetapi, kalau empat orang kepala bajak itu bicara dengan cara jorok dan kurang ajar terhadap Kim Hong, sebaliknya tosu bongkok yang berjuluk Tikus Laut itu memandang dengan wajah pucat dan mata terbelalak.

"Celaka...!" katanya, suaranya gemetar. "Inilah mereka... Pendekar Sadis dan Lam-sin...!"

Para bajak laut itu mempunyai daerah di lautan, maka tentu saja mereka tidak begitu mengenal nama Pendekar Sadis dan Lam-sin yang merupakan tokoh-tokoh daratan, sehingga mereka tidak begitu gentar menghadapi dua orang muda ini, walaupun mereka sudah mendengar dari Tikus Laut akan kelihaian mereka.

Kini, belasan orang anak buah yang tadinya berada di luar sudah berserabutan masuk dengan senjata di tangan. Melihat ini, Si Kumis Lebat, seorang diantara empat pimpinan perampok yang menjadi kepala mereka, tertawa.

"Ha-ha-ha, kepung dan tangkap mereka! Boleh bunuh yang laki-laki, akan tetapi tangkap yang perempuan untukku, ha-ha-ha!" dan dia sendiri menyimpan kembali goloknya lalu maju dengan tangan kosong hendak menangkap Kim Hong sedangkan tiga orang yang lainnya memimpin anak buah mereka mengurung, dibantu pula oleh tosu bongkok yang sudah mencabut keluar sebatang pedangnya.

Melihat wajah kekasihnya, Thian Sin maklum bahwa nyawa orang-orang ini tidak akan dapat tertolong lagi, dan terbayanglah kembali wajah orang-orang yang dihormatinya, terutama wajah ayah angkatnya dan kakaknya.

"Kim Hong... jangan bunuh orang... jangan kita ulangi kembali, kita robohkan saja tanpa membunuhnya."

Kim Hong mengerling kepada kekasihnya dan tersenyum, senyum yang mengandung ketenangan sehingga lega hati Thian Sin.

Pendekar Sadis







Tidak ada komentar: